Sabtu, 28 September 2013

Douwes Dekker



Douwes Dekker
Oleh : Tempo
Penerbit : KPG
Harga : Rp. 48.000


Sinopsis


Di dalam tubuhnya mengalir darah Belanda, Prancis, Jerman, dan Jawa, tapi semangatnya lebih menggelora ketimbang penduduk bumiputra. Pemerintah kolonial Belanda menerakan cap berbahaya.

Ia, Ernest François Eugène Douwes Dekker, bersama Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ki Hadjar Dewantara, adalah "Tiga Serangkai", orang- orang pertama yang mendirikan partai politik di Indonesia: Indische Partij. Sebagai penggerak revolusi, gagasan Ernest melampaui zamannya. Tur propagandanya menginspirasi Tjokroaminoto dalam menghimpun massa. Konsep nasionalismenya mempunyai andil saat Sukarno mendirikan Partai Nasional Indonesia. Tapi ia hidup di pembuangan ketika proklamasi kemerdekaan dibacakan.

Inilah kisah si pemberani yang di kemudian hari juga dikenal sebagai Danudirja Setiabudi.

Kisah E.F.E. Douwes Dekker adalah salah satu dalam kumpulan kisah para Bapak Bangsa, yang juga mencakup Sukarno, Hatta, Tan Malaka, Sutan Sjahrir, dan Tjokroaminoto. Diangkat dari edisi khusus Majalah Berita Mingguan /Tempo/ sepanjang 2001-2012, serial ini mereportase ulang kehidupan kelimanya. Mulai dari pergolakan pemikiran, petualangan, ketakutan, hingga kisah cinta dan cerita kamar tidur mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar